Business

Platform Kesehatan SehatQ.com, Sediakan Artikel Informatif Tentang Test CRP dan Covid-19

By Aina Sophia - Sabtu, 16 Mei 2020 No Comments

Platform Kesehatan SehatQ.com, Sediakan Artikel Informatif Tentang Test CRP dan Covid-19

Pandemi Corona terus berlanjut membuat masyarakat Indonesia harus ekstra waspada. Bahkan pemerintah telah memberlakukan PSBB untuk mencegah penularan virus. Masyarakat terus dihimbau untuk memakai masker kemanapun, dan rajin mencuci tangan agar tidak terkonminasi virus. Beberapa usaha telah dilakukan termasuk test CRP untuk menghentikan pandemi Covid-19. Simak ulasan berikut terkait fungsi tes tersebut.

Mengenal CRP untuk Mendeteksi Virus

CRP merupakan zat protein yang diproduksi oleh organ hati sebagai respon bila terjadi peradangan. Ketika tubuh mengalami peradangan maka CRP akan mengalir ke dalam darah, dan melukai organ dalam. Jika tingkat CRP tinggi maka akan terjadi peradangan di arteri jantung, yang menyebabkan resiko serangan jantung. Jika dibiarkan akan menyebabkan tubuh mengalami reaksi negatif, dan berujung pada resiko kematian.

Tingkat CRP tidak bisa disepelekan begitu saja apalagi di tengah pandemi Corona. Apabila CRP mengalami peningkatan bisa jadi tubuh tedeteksi virus Covid-19 positif. Maka dari itu anda perlu melakukan test CRP, untuk memeriksa kadar protein C-reaktif dalam darah. Protein C-reaktif yang dihasilkan oleh hati akan meningkatkan respon tubuh terhadap inflamasi. Kondisi ini akan menyeabkan tubuh nyeri, kemerahan dan bengkak di area tertentu.

Beberapa tingkat CRP yang tinggi akan menyerang sistem kekebalan tubuh, yang berawal dari kasus peradangan. Demikian pula dengan kasus infeksi virus Corona yang dimulai dengan gejala radang, dan nyeri di sekitar tubuh. Penderita yang terdeteksi virus Covid-19 akan muncul ruam keunguan pada jari-jari kaki, dan gejala flu serta demam. Namun tidak semua orang mengalami gejala yang sama, bisa saja didera sesak napas dan mual.

Maka dari itu penting untuk mendeteksi virus lebih dini jika tidak ingin terjadi komplikasi nantinya. Anda bisa memanfaatkan test CRP untuk mengukur kadar protein di dalam darah, dalam kondisi normal protein C-reaktif memiliki angka yang rendah. Namun bukan berarti jika protein C-reaktif normal berarti tidak terdeteksi virus Corona. Seperti yang anda tahu bahwa ada ciri-ciri penderita yang tidak mengalami gejala apapun.

Pentingnya Tes Protein C-Reaktif

Tes ini dilakukan untuk mencari kondisi yang menyebabkan peradangan, sebelum menyebar ke organ vital. Kondisi tersebut meliputi infeksi bakteri dan sepsis yaitu komplikasi yang disebabkan karena suatu infeksi. Protein C-reaktif yang tinggi akan mengakibatkan pericarditis, dimana tingkat peradangan terjadi pada lapisan pembungkus jantung. Jika sudah dalam kondisi tersebut, maka cukup sulit untuk melakukan tindakan medis.

Pemeriksaan CRP dianjurkan untuk penderita yang mengalami keluhan tertentu, termasuk tanda-tanda virus Covid-19. Ada baiknya segera melakukan tes supaya mendapatkan penangan lebih dini. Selain itu kesadaran mandiri tersebut adalah bentuk upaya untuk mengurangi penularan. Seperti yang anda tahu bahwa proses menularnya virus Corona berlangsung sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu 14 hari virus menimbulkan reaksi negatif pada tubuh.

Test CRP akan dilakukan oleh tenaga medis dengan mengambil sampel darah, yang dibersihkan dengan antiseptik. Pengambilan darah dilakukan di area lengan diman pembuluh darah vena ditemukan. Anda hanya membutuhkan waktu lima menit sampai penyuntikan jarum steril selesai.

Untuk memusuhi pandemi Corona antara masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama. Jika pemerintah sudah mengeluarkan aturan untuk PSBB dan lockdown, maka sebagai masyarakat wajib mematuhinya. Anda bisa membuka web SehatQ.com untuk melihat informasi, Hal itu ditujukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang membawa resiko kematian. Jika menunjukkan gejala-gejala Corona ada baiknya segera melakukan tes, salah satunya memeriksa tingkat protein C-reaktif di dalam darah.


No Comment to " Platform Kesehatan SehatQ.com, Sediakan Artikel Informatif Tentang Test CRP dan Covid-19 "