Business

Mengenal Android, Sejarah Dari Versi Pertama Hingga Terbaru

By Aina Sophia - Selasa, 13 Agustus 2019 No Comments



Bismillah...oke guys alhasil admin kembali menulis konten gres lagi, alasannya kemarin admin habis bersilaturahmi sama keluarga besar admin, jadi gres sempet nulis lagi hehe.
Oke pada artikel kali ini admin akan membahas seputar Android yaitu Sejarah dan nama Android beserta Versi Androidnya guys dari mulai Androir 1.5 hingga android yang paling gres yaitu Android Q yang gres dirilis versi beta nya kemarin-kemarin.
Nah Pertama-tama admin akan sedikit menjelaskan Apa itu android? Barang kali belum ada yang tau hehe.
Android merupakan Sebuah Sistem Operasi yang dirancang dan diterapkan pada Smartphone tertentu yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang dikembangkan oleh Android.Inc yang didukung oleh Google yang lalu membelinya pada tahun 2005. Source:wikipedia
So Android ada pada Smartphone-smartphone kini khususnya sebagai Sistem Operasi kecuali Apple (IOS).
 Nah kini kita akan menyebutkan Versi Android dari Android 1.5 – Android Q.
Oke kita pribadi saja ke nomor satu yaitu :

Cupcake (Android 1.5)

Android versi pertama yaitu Cupcake yang dirilis pada 27 April 2009 yang merupakan android pertama yang diluncurkan secara komersil serta diberi nama dari kue. Android Cupcake ini mempunyai fitur-fitur yang masih dasar atau biasa ditemukan menyerupai auto rotate, widget dan lain lain.

Donut (Android 1.6)

Android selanjutnya yaitu Donut yang dirilis 15 September 2009. Android 1.6 ini sudah mulai membuatkan sedikit pembaruan dari Cupcake yang didalamnya terdapat fitur gres yaitu CDMA, text to speech serta penggunaan baterai.

Eclair (Android 2.0 – 2.1)

Andoid Eclair yaitu android yang dirilis 26 Oktober 2009 yang sempurna sebulan sehabis peluncuran android Donut. Android Eclair ini cukup membawa banyak fitur-fitur juga menyerupai menambahkan aplikasi kamera dengan sumbangan flash, efek warna dan live wallpaper sudah sanggup dipakai.

Froyo (Android 2.2 – 2.2.3)

Android Froyo yaitu android yang dirilis pada 20 Mei 2010. Android Froyo sudah tidak mengecewakan dikenal diindonesia alasannya dibawanya bersama handphone dari Samsung dan lainnya. Froyo sudah menambahkan fitur-fitur gres lagi menyerupai USB Tethering, WiFi Hospot, Push notifikasi, dan mempercepat performanya dari sebelumnya.

Gingerbread (Android 2.3 – 2.3.7)

Android gingerbread yaitu android yang dirilis pada 6 Desember 2010 yang dimana Android sudah mulai ramai digunakan dan dikenal oleh orang. Gingerbread membawakan cukup banyak fitur juga menyerupai penambahan NFC (Near Field Communication), serta pengoptimalan, fasilitas biar pengguna menyukainya.

Honeycomb (Android 3.0 – 3.2)

Android honeycomb dirilis pada 22 Februari 2011, yang tampaknya Honeycomb ini dikhususkan untuk tablet. Honeycomb menunjukkan fitur gres menyerupai System Bar dan mempunyai User Interface yang tidak mengecewakan menarik dan futuristik.

Ice Cream Sandwich (Android  4.0 – 4.0.4)

Android Ice Cream Sandwich (ICS) dirilis pada 18 Oktober 2011. ICS membawakan perubahan besar pada sistem android yang mengubah User Interface(UI) jadi lebih minimalis, serta manggunakan NFC sebagai alat transfer data secara cepat.

 Jellybean (Android 4.3)

Android Jellybean dirilis pada 9 Juli 2012 yang dimana Android itu sudah aneka macam digunakan di negara indonesia. Di Jellybean Google mulai meningkatkan Kemanan pada Jellybean dan meningkatkan performa lebih di jellybean juga sudah mulai mendukung UHD 4K.

Kitkat (Android 4.4)

Android kitkat dirilis pada 31 Oktober 2013 yang dimana sudah mulai diterapkannya android pada HP ternama menyerupai Sony,Samsung dan brand HP lainnya. KitKat sudah mulai terkenal digunakan bahkan hingga 2016 dimana Google masih terus memfokuskan pada peningkatan performa Kitkat juga membatasi minimal RAM yaitu 512MB.

Lolipop (5.0 – 5.1)

Android lolipop dirilis pada 12 November 2014 yang dimana Google melaksanakan perubahan besar pada UI nya menyerupai adanya notifikasi pada lockscreen akan tetapi dari perubahan penampilan ini sebagian orang ada yang gundah terhadap penggunaanya. Mungkin butuh penyesuaian beberapa hari yak.

Marshmallow (Android 6.0)

Android Marshmallow dirilis pada 5 Oktober 2015. Google juga telah merubah kembali Userinterface nya pada Marsmallow ini menjadi lebih clean(bersih) serta membawakan fitur canggih menyerupai modus doze, sensor fingerprint, sumbangan USB type C hingga mempunyai fitur mengubah SD card menjadi penyimpanan Internal.

Nougat (Android 7.0)

Android Nougat dirilis pada bulan september 2016 yang dimana google menambahkan fitur Multiwindows atau split screen yang menjadi penarik perhatian para pengguna smartphone, mempunyai performa yang mulus dan stabil juga menyebabkan para pengguna semakin menyukai Android Nougat ini.

Oreo (Android 8.0 – 8.1)

Android Oreo dirilis pada 17 Mei 2017 yang dimana para pengguna Android cukup banyak memakai Oreo pada tahun tersebut. Oreo membawakan fitur dan perubahan besar menyerupai sumbangan face unlock dari google,peningkatan Keamanan yang lebih, performa yang lebih mulus dan fitur lainnya.

Pie (Android 9.0)

Android Pie dirilis pada 6 Agustus 2018 yang dimana Android pie ini mempunyai User Interface yang berbeda dari oreo. Pie sangat aku rekomendasikan alasannya mempunyai performa yang stabil, adanya Pie Gesture, Smart Reply,dark mode,adaptive battery dan fitur andal lainya. Karena smartphone aku juga android pie sih wkwk.

Q (Android 10)

Android Q ini yang admin belum tau namanya,mungkin nanti jikalau sudah full dirilis admin akan update.
So pada tahun 2019 ini google meluncurkan android Q yang dimana itu masih tahap beta atau pengembangan guys. Akan tetapi fitur-fiturya sudah diberitahukan oleh google yaitu mountain view,dukungan 5G live caption,focus mode, parentsal controls.

Oke semoga bermanfaat...
Sekian dan terimakasih...




No Comment to " Mengenal Android, Sejarah Dari Versi Pertama Hingga Terbaru "